Jumat, 03 April 2009

Membangun internet di rumah

Peralatan yang dibutuhkan
1. Komputer
Komputer wajib Anda punyai, Untuk internet tidak harus dengan komputer yang bagus dan mahal, dengan minimal Pentium III dan RAM 256 Anda sudah bisa berinternet. Tapi lebih baiknya dan lebih lancarnya gunakan Pentium IV ke atas, atau kalau perlu pake Intel Core 2 Extreem sekalian he..he… Untuk sistem operasi lebih mudahnya gunakan Windows XP Proffesioanl SP 2. jangan lupa lengkapi juga program browser seperti Mozilla Fire Fox, Opera dsb, dan juga program chatting seperti Yahoo Messenger, Skype, MIRC dsb dan jangan lupa program Donlot seperti Download Manager atau youtube download, ini sangat untuk donlot video di Youtube dsb.
2. Modem
Modem kependekan dari Modulator Demodulator adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital pada komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya dengan transmisi melalui kabel telepon. Dengan alat ini memungkinkan untuk koneksi internet melalui jaringan telepon (dial up). Untuk modem Anda bisa gunakan modem internal atau eksternal. Modem internal biasanya menggunakan koneksi PCI yang Anda tancapkan di slot PCI didalam CPU Anda, sedangkan eksternal biasanya menggunakan koneksi USB yang ditancapkan di port USB dibelakang CPU. Atau Anda juga dapat menggunakan Handphone yang sudah ada modemnya, atau modem khusus (modem GSM / CDMA).
Jika menggunakan modem internal PCI, saya sarankan yang menggunakan teknologi V.90 atau V.92. Teknologi ini menggunkan kecepatan akses 56K dan cocok jika internet dengan Telkomnet Instant. Tapi walau tertera kecepatan 56K, waktu saya menguji kecepatan di http://www.sijiwae.net/speedtest/ ternyata jarang sekali saya mendapatkan kecepatan sampai segitu biasanya hanya berkisar 35 – 48 Kbps.
3. Account Internet
Account internet harus Anda dapatkan dari service provider yang Anda pilih untuk dapat konek ke internet. Service provider adalah perusahan yang menyediakan layanan internet. Untuk Telkomnet Instan baca saja artikel saya yang lain, disitu lengkap cara setting sampai dial ke internet. Untuk Anda yang menggunakan Modem GSM/CDMA (koneksi tanpa kabel) langsung aja telpon operator seluler untuk mengetahui account Anda seperti user name, password, nomer telepon dial-up, dan nama ISP.
Setelah komplit peralatannya tinggal setting komputer. Baca saja artikel saya yang lain (setting Telkomnet Instan).Atau jika Anda menggunakan handphone cara setting komputernya tanya saja ama bang operator menurut SIM yang Anda gunakan (biasanya gratis kok, jangan lupa siapkan kertas n pulpen untuk mencatat apa yang dikatakan ama bang operator)

0 komentar:

Posting Komentar