Senin, 11 Januari 2010

BUAT BLOG GRATISAN UNTUK BISNIS

Yang perlu diperhatikan dalam membuat blog adalah jika Anda ingin mengikuti bisnis dari luar negeri maka buat blog dengan isi postingan dalam bahasa Inggris, misalnya mengikuti Google Adsense, Adbrite, atau Amazon Associates, dan jika mengikuti program lokal tentunya isi posting dalam bahasa Indonesia, misalnya mengikuti Kumpulblogger, AdsenseCamp, atau Reviewmu. Dalam hal ini Anda bisa membuat dua blog, dimana yang satu berisi artikel bahasa Inggris dan satunya berisi artikel bahasa Indonesia). Jika Anda kesulitan membuat artikel dalam bahasa Inggris maka caranya yaitu buatlah artikel dalam bahasa Indonesia kemudian di translate ke bahasa Inggris, lalu Anda dapat mengeditnya. Untuk mentranslate bisa melalui internet seperti di alamat berikut:
- http://translate.google.com/translate
- http://www.toggletext.com/main.cgi?page=translation

Langkah membuat blog di Blogger.com
Jika Anda belum memiliki blog maka Anda bisa membuat blog yang tidak berbayar seperti di blogger.com. Untuk membuat blog ini, Anda harus mempunyai alamat e-mail terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah membuat blog di blogger.com yaitu sebagai berikut:
1. Buka program browser di komputer (misalnya Mozilla FireFox, Internet Explorer, atau Opera) kemudian masuk ke alamat www.blogger.com.
2. Klik CIPTAKAN BLOG ANDA
3. Isikan alamat email, password dan sebagainya, kemudian beri tanda centang pada Saya menerima….. lalu klik LANJUTKAN.
4. Isikan judul blog dan alamat blog pada kotak isian yang tersedia (misalnya Blogku dengan alamat http://cananta.blogspot.com), selanjutnya klik pada LANJUTKAN.
5. Pilihlah template yang Anda sukai, kemudian klik LANJUTKAN.
6. Blog Anda sudah tercipta, untuk mulai ngeblog klik MULAI BLOGGING. Selanjutnya akan menuju halaman posting. Ketikkan isi blog, usahakan jangan mengcopy paste dari blog atau situs lain, buatlah artikel tentang sesuatu yang Anda bisa, misalnya tentang komputer, bisnis, hobi, pendidikan, musik dan sebagainya. Atau jika susah membuat artikel atau suatu cerita, maka cari referensi artikel dari situs atau blog lain dan Anda ketikkan dengan kata-kata Anda sendiri dan kemudian Anda dapat cantumkan sumber nya. Dalam hal ini carilah beberapa sumber dengan tema yang sama. Di blog ini Anda bisa mengedit teks, menambahkan gambar, atau video. Setelah selesai klik PUBLISH POST.
Kunci keberhasilan bisnis menggunakan blog adalah banyaknya pengunjung di blog Anda, karena dengan banyaknya pengunjung maka peluang melakukan klik pada iklan atau terjadinya pembelian semakin besar. Untuk ini maka perbanyaklah posting di blog Anda dan selalu update postingan Anda, misalnya satu postingan dalam sehari. Selain itu buatlah artikel yang menarik dan bermanfaat tentang suatu hal yang banyak dicari orang.
7. Untuk mempublikasikan klik PUBLISH POST.
8. Untuk melihat hasil posting klik View Blog atau (in a new window). Kemudian jika Anda sudah menutup situs ini, untuk membuka kembali dapat membuka ke alamat blog Anda, misalnya http://punyaku.blogspot.com.
9. Jika anda ingin menambah posting baru, atau ingin seting layout, edit atau lainnya maka buka www.blogger.com, kemudian masukkan alamat email dan password lalu klik MASUK. Selanjutnya akan terbuka halaman Dasbord. Untuk memposting tulisan Anda, klik NEW POST.

Daftar Pustaka : “Panduan Mudah Bisnis Online”, penulis Duwi Priyatno, terbitan Media Kom, 2009

0 komentar:

Posting Komentar