Senin, 11 Januari 2010

Langkah menyelidiki apakah komputer terinfeksi virus atau tidak

Jika terjadi indikasi seperti ini maka ada kemungkinan sistem telah terinfeksi virus, selanjutnya membuktikan apakah terkena virus atau tidak. Langkahnya sebagai berikut:
1. Selidikilah apakah ada file atau folder tambahan (yang tidak Anda buat) pada direktori atau di dalam sebuah folder.
2. Sekarang ini banyak virus dengan cara membentuk folder, file atau dokumen dengan ekstensi *.exe (applications). Untuk itu bukalah folder-folder di drive komputer Anda. Untuk mengetahui tipe atau ekstensi file maka buka Views >> Details. Sebagai contoh pada gambar berikut:
Anda harus berhati-hati jika ada folder atau dokumen (Ms Word) dengan tipe applications, karena untuk komputer yang masih belum terinfeksi virus maka virus akan menginfeksi sistem komputer Anda jika anda mengklik folder atau dokumen ini. Cobalah untuk menghapus folder atau dokumen yang bertipe application, jika tidak bisa terhapus maka kemungkinan virus sudah menginfeksi sistem komputer Anda. Jika data yang bertipe application ini adalah data penting Anda, sebaiknya Anda menggunakan antivirus, lalu lakukan clean virus, bukan delete file.
3. Lakukan scan virus dengan program antivirus (gunakan update terbaru agar dapat mendeteksi virus-virus yang baru). Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya virus, selanjutnya jika terdeteksi maka bisa dilakukan pembersihan virus.

Daftar Pustaka : “Teknik Menghabisi Virus Ganas di Komputer”, penulis Duwi Priyatno, terbitan Media Kom, 2009