Senin, 11 Januari 2010

Langkah ngeblog di Blogger dengan handphone

Untuk membuat blog di blogspot, Anda harus mempunyai alamat e-mail. Berikut ini langkah-langkah membuat Blog di blogspot yaitu sebagai berikut:
a. Buka aplikasi browser di handphone Anda (dalam pembahasan ini menggunakan Opera Mini). Aktifkan Load image pada Opera Mini, hal ini agar gambar verifikasi kode terlihat. Kemudian buka alamat www.blogger.com
b. Pada bahasa pilih Indonesia, kemudian klik CIPTAKAN BLOG ANDA
c. Isikan alamat e-mail, ketik ulang alamat e-mail, password, ketik ulang sandi, nama tampilan, verifikasi kata (tuliskan sama seperti gambar), beri tanda centang pada Saya menerima, kemudian klik Lanjutkan.
d. Pada halaman berikutnya, beri nama blog Anda, yaitu pada Judul Blog, kemudaian isikan alamat blog, lalu klik cek ketersediaan, setelah itu klik Lanjutkan.
e. Pilihlah salah satu template yang Anda sukai, misalnya Rounders 3, lalu klik Lanjutkan.
f. Selanjutnya terbuka halaman bertuliskan Blog Anda sudah jadi, kemudian Anda sudah bisa mulai nge-blog atau blogging dengan klik MULAI BLOGGING

Menggunakan Blog
1. Untuk posting, isikan pada Judul, kemudian isikan pada kolom dibawahnya, jika sudah selesai mengisi kemudian klik TERBITKAN ENTRI, selanjutnya ada pesan Entri blog Anda berhasil diterbitkan!.
2. Untuk melihat hasil posting Anda, maka klik Lihat Blog (di jendela baru)
3. Jika Anda sudah menutup halaman ini, untuk membuka lagi posting blog Anda dikemudian hari masuk ke alamat blog Anda, misalnya http://milikku.blogspot.com
4. Untuk mengisi profil Anda, klik Lihat profil lengkapku, kemudian klik EDIT PROFIL, lalu lengkapilah biodata Anda. Jika ingin menambahkan foto, klik pada Choose, lalu pilihlah foto Anda yang Anda simpan di handphone. Jika sudah selesai mengisi klik Simpan Profil.
5. Jika Anda sudah keluar dari blogger.com, untuk menambah Entri baru (yaitu jika Anda ingin posting tulisan lagi), maka masuk ke alamat www.blogger.com, kemudian isikan E-mail dan Sandi Anda, lalu klik MASUK.
6. Selanjutnya Anda masuk ke halaman Dasbor, untuk menambah posting, klik ENTRI BARU, lalu isikan Judul dan isikan pada kolom di bawahnya. Jika sudah selesai klik TERBITKAN ENTRI. Untuk melihat posting Anda klik Lihat Blog (di jendela baru). Kini Anda sudah punya dua posting, posting terbaru terletak paling atas, kemudian yang lama di bawahnya, begitu seterusnya. Untuk melihat arsip, maka tinggal pilih pada bagian kanan halaman, lalu pilih link posting mana yang ingin dibaca.

Daftar Pustaka : “Panduan Berinternet dengan Handphone”, penulis Duwi Priyatno, terbitan Media Kom, 2009

0 komentar:

Posting Komentar