Senin, 11 Januari 2010

Program-program komputer berbahaya sejenis virus

Selain virus terdapat program-program sejenis lainnya yang tujuannya hampir sama, yaitu sebagai berikut:
1. Worm, adalah program komputer yang menginfeksi dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan seperti TCP/IP dan e-mail. Worm ini akan melakukan penyebaran dan menginfeksi sistem komputer yang terdapat dalam jaringan. Worm ditemukan pertama kali penyebarannya pada tahun 1988. Kini Worm telah menjadi ancaman di dunia internet. Perbedaan dengan virus, Worm biasanya lebih cepat dalam melakukan penyebaran dibanding virus, tetapi worm memiliki kemampuan yang lebih rendah untuk menghindari deteksi program antivirus.
2. Trojan Horse, adalah program komputer untuk membuat kerusakan atau keanehan pada sistem komputer dengan cara disamarkan. Trojan horse ini tidak melakukan penyebaran diri tetapi lebih berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada sistem komputer.
3. Spyware, adalah aplikasi yang bekerja secara tersembunyi dari program freeware atau shareware yang biasanya menampilkan pesan-pesan atau ikan.
4. Malware, adalah program yang disisipkan pada sistem komputer untuk merusak kinerja sistem atau jaringan komputer atau tujuan tertentu yang berbahaya. Malware ini dapat menyebar melalui media seperti flash disk.
5. Adware, adalah aplikasi tersembunyi dari program freeware atau shareware yang biasanya menampilkan pesan atau iklan. Adware ini hampir sama dengan spyware.
6. Hoax, adalah e-mail yang isinya menakut-nakuti atau provokasi untuk melakukan forward e-mail tersebut (meneruskan mengirim ke alamat lain). Tujuannya adalah semakin banyaknya orang yang melakukan proses forward dapat menyebabkan jaringan mengalami traffick tinggi dan sistem menjadi terganggu.

Daftar Pustaka : “Teknik Menghabisi Virus Ganas di Komputer”, penulis Duwi Priyatno, terbitan Media Kom, 2009

0 komentar:

Posting Komentar