Selasa, 03 Mei 2011

LANGKAH TRANSLATE ONLINE DENGAN GOOGLE TRANSLATE

Saat ini sudah tersedia layanan online untuk menerjemahkan suatu kata atau kalimat ke bahasa lain yang diinginkan. Bagi Anda yang kesulitan menerjemahkan secara manual misal dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, maka bisa langsung berkunjung ke situs penyedia translate bahasa secara online. Situs translate yang populer yaitu Google Translate.

1. Buka alamt http://translate.google.com/translate

2. Misal Anda ingin translate dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, maka pada ‘Translate from’, pilih Indonesian, kemudian ‘Translate into’, pilih English.

3. Kemudian ketikkan kalimat pada kolom yang tersedia, atau bisa copy paste dari dokumen yang Anda simpan di komputer. Kemudian secara otomatis hasil terjemahan tertampil di bawahnya. Misal seperti berikut:

4. Jika ingin translate dari bahasa Inggris ke Indonesia maka pada ‘Translate from’, pilih English dan pada ‘Translate into’, pilih Indonesian.

5. Selain terjemahan Indonesia Inggris, Anda dapat memilih bahasa lainnya seperti bahasa Jerman, Italia, Jepang, Korea, China, Arab dll. Bahasa yang tersedia sebanyak 47 bahasa yang dapat digunakan.

6. Jika ingin mengambil dari dokumen selain copy paste, Anda dapat klik upload a document. Kemudian klik tombol Choose File. Lalu pilih dan masukkan dokumen yang Anda simpan di komputer. Selanjutnya untuk menterjemahkan klik tombol Translate. Berikut ini contoh hasil translate dari bahasa Indonesia ke Inggris:

7. Layanan lainnya di Google translate yaitu Translited Search, Translator Toolkit, dan Tools and Resources.

- Translited Search, yaitu mencari website dengan kata kunci tertentu untuk diterjemahkan dengan bahasa yang telah dipilih.

- Translator Toolkit, yaitu untuk mentranslate dokomen secara cepat.

- Tools and Resources, yaitu untuk membuat website langsung tersedia dalam bahasa lain.

Referensi : Buku ‘Jalan Pintas Mahir Internet’

Penulis : Duwi Priyatno

Penerbit : Media Kom Yogyakarta

0 komentar:

Posting Komentar