Selasa, 03 Mei 2011

Trik memperbaiki registry Windows yang bermasalah

Regedit bukanlah program yang tidak dapat rusak atau bermasalah. Kerusakan registry bisa disebabkan oleh virus atau hal lain. Registry merupakan komponen yang sangat penting bagi Windows, dengan mengubah beberapa bagian registry, kita bisa lebih mengoptimalkan kinerja komputer. Tetapi hal ini seringkali dimanfaatkan virus, dengan mengubah konfigurasi sehingga sering beberapa aplikasi atau setting tidak bisa diakses. Biasanya komputer yang sudah terifeksi virus, maka beberapa setting Windows memang tidak bisa diaktifkan, hal ini karena sistem Registry Windows sudah diubah oleh virus. Beberapa efek dari kerusakan atau diubahnya registry oleh virus adalah:

  1. Hilangnya Regedit
  2. Hilangnya Folder Option
  3. Hilangnya Run pada Start Menu

Berikut ini akan dibahas langkah-langkah memperbaiki registry yang bermasalah:

  1. Hilangnya Regedit, untuk memunculkan kembali caranya yaitu menggunakan program bantu untuk memperbaiki registry yang rusak. Berikut ini program-program yang dapat Anda gunakan dan lokasi downloadnya:

- Wise Registry Cleaner

http://www.wisecleaner.com/download.html

- Eusing Free Registry Cleaner

http://www.eusing.com/free_registry_cleaner/registry_cleaner.htm

- Free Window Registry Repair

http://www.download.cnet.com/Free-Window-Registry-Repair/3000-2086_4-10606555.html

- Glary Utilities

http://www.glarysoft.com

  1. Hilangnya Folder Option.

Cara untuk mengembalikan Folder Option yaitu:

- Buka program regedit dengan klik Start menu >> Run. Kemudian ketikan regedit, lalu klik OK. Masuk ke HKEY_CURRENT_USER >> Software >> Microsoft >> Windows >> CurrentVersion >> Policies >> Explorer. Kemudian pada jendela sebelah kanan periksa Value name NoFolderOption, lalu klik ganda dan ubah value datanya menjadi 0.

- Langkah berikutnya atau jika tidak ada NoFolderOption, yaitu masuk ke HKEY_LOKAL_MACHINE >> Software >> Microsoft >> Windows >> CurrentVersion >> Explorer >> Advanced >>>Folder. Masuk ke Hidden >> NOHIDDEN. Jika pada CheckedValue dan DefaultValue bukan bernilai 2 maka ubah menjadi 2. Lalu masuk ke Hidden >> SHOWALL. Jika pada CheckedValue tidak bernilai 1, maka ubah menjadi 1 dan DefaultValue bernilai 2. Kemudian tutuplah regedit.

- Langkah selanjutnya masuk menu Group Policies dengan cara klik Start menu >> Run. kemudian ketikan gpedit.msc. Pada halaman gpedit.msc klik menu User Configuration >> Administrative Templates >> Windows Componet >> Windows Explorer. Pada jendela sebelah kanan klik ganda Remove the Folder Option menu item from the tools, lalu tandai not configured >>> apply. Kemudian klik OK. Jika sudah tutup Group Policies kemudian restart komputer Anda. Setelah restart maka Folder Option akan terlihat seperti semula.

  1. Hilangnya ‘Run’ Pada Start Menu

Untuk mengembalikan ‘Run’ pada start menu langkahnya sebagai berikut:

- Buka program regedit dengan klik Start menu >> Run. Kemudian ketikan regedit, lalu klik OK. Pada program Registry Editor, klik Edit >> Find.

- Selanjutnya pada kotak dialog ‘Find’ ketikkan ‘NoRun’, kemudian klik tombol Find Next.

- Selanjutnya proses pencarian, bila sudah ketemu akan terlihat NoRun.

- Lihatlah pada data NoRun, jika dalam kurung angka 1 (bukan 0) maka klik ganda NoRun, lalu ganti value datanya menjadi 0. Setelah itu lakukan restart.

Langkah mengatasi registry bermasalah dengan bantuan software

Cara cepat mengatasi registry yang bermasalah yaitu dengan program bantu. Beberapa program gratis (freeware) yang dapat digunakan untuk memperbaiki registry Windows adalah:

- Wise Registry Cleaner

http://www.wisecleaner.com/download.html

- Eusing Free Registry Cleaner

http://www.eusing.com/free_registry_cleaner/registry_cleaner.htm

- Free Window Registry Repair

http://www.download.cnet.com/Free-Window-Registry-Repair/3000-2086_4-10606555.html

- Glary Utilities

http://www.glarysoft.com

Referensi : Buku ‘5 Langkah Basmi Virus Berbahaya’

Penulis : Duwi Priyatno

Penerbit : Galang Press Yogyakarta

Reaksi:

1 komentar:

- Langkah selanjutnya masuk menu Group Policies dengan cara klik Start menu >> Run. kemudian ketikan gpedit.msc. Pada halaman gpedit.msc klik menu User Configuration >> Administrative Templates >> Windows Componet >> Windows Explorer. Pada jendela sebelah kanan klik ganda Remove the Folder Option menu item from the tools, lalu tandai not configured >>> apply. Kemudian klik OK. Jika sudah tutup Group Policies kemudian restart komputer Anda. Setelah restart maka Folder Option akan terlihat seperti semula

Window Explorernya gada gan

Poskan Komentar