Senin, 11 Januari 2010

Langkah Membuat dan Facebook-an di handphone

Untuk membuat Facebook, Anda harus mempunyai alamat e-mail terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah membuat Facebook yaitu sebagai berikut:
1. Buka aplikasi browser di handphone Anda (dalam pembahasan ini menggunakan Opera Mini). Aktifkan Load image pada Opera Mini, hal ini agar gambar verifikasi kode dan foto-foto teman Anda terlihat. Kemudian buka alamat www.facebook.com (atau jika di Opera Mini terdapat layanan Facebook, Anda dapat membuka dari sini)
2. Isikan pada Full name, your e-mail, new password, select sex, birth day, kemudian klik tombol Sign Up dibawah Why do I need to provide this.
3. Kemudian isikan teks verifikasi sama seperti gambar pada Tekt in the box, lalu klik tombol di bawah Back.
4. Selanjutnya terbuka halaman Conform Your Email Address, disini Anda akan mendapatkan konfirmasi e-mail ke alamat e-mail Anda, untuk melakukan konfirmasi klik pada link informasi pada e-mail Anda untuk melengkapi registrasi di Facebook. Untuk memulai klik Go to Gmail now (jika Anda mendaftar dengan e-mail Gmail)
5. Kemudian akan terbuka e-mail Anda, buka e-mail yang berjudul Facebook Registration Confirmation, lalu untuk melengkapi registrasi klik link bertuliskan http://www.facebook.com/c/php?...... Kemudian akan terbuka halaman personal facebook Anda, selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan layanan facebook ini.

Langkah menggunakan Facebook di handphone
1. Pada halaman awal di bawah Welcome….. jika terdapat sejumlah foto dan nama, klik tombol Confirm, yang berarti akan menambahkan ke daftar teman Anda. Atau Anda dapat menghiraukan dengan klik Ignore.
2. Untuk mencari teman, pada menu facebook klik Friends, kemudian scrool halaman ke bawah, isikan alamat e-mail dan password Anda, lalu klik tombol Find Friends, selanjutnya facebook akan mencari pada address book e-mail Anda.
3. Jika ditemukan akan tertulis You have…..Gmail contacts on Facebook that you can add as your friends (titik-titik adalah jumlah teman Anda yang ditemukan). Atau Anda juga dapat mencari teman di akun e-mail Anda yang lain dengan cara klik try another email account. Untuk melihat teman-teman Anda scrool halaman kebawah, disini Anda akan melihat foto-foto, nama-nama dan alamat e-mail teman Anda. Untuk menambahkan ke daftar teman Anda (add as friends) maka beri tanda centang pada kotak kecil pada teman yang ingin Anda tambahkan (add), atau jika ingin semuanya beri tanda centang pada Select All Friends, selanjutnya klik tombol Add as Friends.
4. Untuk mengajak teman Anda bergabung di Facebook, maka klik Friends >> Invite Friends, pada To: isikan alamat e-mail teman Anda (Anda dapat mengisikan lebih dari satu dengan dipisah tanda koma), pada Message isikan isi pesan, kemudian klik tombol Invite.
5. Untuk mengirim pesan ke teman Anda, pada menu facebook klik Inbox. Halaman Inbox digunakan untuk membaca pesan yang dikirim oleh teman Anda, Compose a Message digunakan untuk mengirim pesan ke teman Anda.
6. Untuk mengirim pesan ke teman Anda klik Compose a Message, selanjutnya pada To: isikan nama atau e-mail teman Anda, pada Subject: isikan topik pesan Anda dan pada Message isikan isi pesan Anda. Untuk mengirim klik Send.
7. Untuk melihat profil teman Anda, klik Friends, selanjutnya pilih dan klik pada foto atau nama teman Anda. Kemudian profil teman Anda akan terbuka. Untuk mengirim pesan pada teman tersebut klik Sent …. a message (titik-titik adalah nama teman Anda). Disini Anda dapat melihat foto dan nama teman dari teman Anda tapi tidak bisa melihat profil, untuk bisa melihat profil sebelumnya harus Anda tambahkan ke daftar teman Anda (add as friends), caranya klik teman dari teman Anda, lalu klik Add as Friend.
8. Untuk edit profil Anda, pada menu facebook klik Profil, kemudian klik Edit My Profile
9. Untuk upload foto (pada profil), klik Profile, kemudian klik pada gambar. Lalu klik Change Profil Picture, pada halaman selanjutnya klik Choose. Kemudian pilih foto dari handphone Anda untuk di upload. Setelah beri tanda centang kotak I Certify…, setelah itu klik tombol Upload Picture. Selanjutnya foto Anda sudah ada ditampilan profil.
10. Untuk menambahkan foto klik Profile, kemudian scrool halaman ke bawah, klik pada Add Photo.
11. Untuk membuat catatan, klik Profil, kemudian klik Write Notes. Isikan judul catatan pada Title, kemudian isi catatan pada Body. Setelah selesai klik Post. Selanjutnya catatan ini akan dipublikasikan untuk dapat dibaca oleh pengguna Facebook lain.
12. Untuk keluar dari Facebook klik Logout, atau bisa langsung keluar dari browser Anda. Jika ingin membuka facebook lagi masuk ke alamat www.facebook.com, lalu isikan username dan password, kemudian klik tombol Login dibawahnya.

Daftar Pustaka : “Panduan Berinternet dengan Handphone”, penulis Duwi Priyatno, terbitan Media Kom, 2009

0 komentar:

Posting Komentar