Senin, 11 Januari 2010

Membuat akun Paypal untuk pembayaran Online

PayPal adalah alat pembayaran online yang digunakan untuk bertransaksi secara internasional. Dengan memiliki akun PayPal maka Anda dapat bertransaksi secara online misalnya untuk berbelanja produk yang ditawarkan di internet, membeli domain untuk bisnis, membeli software dan sebagainya. Hal ini karena PayPal mirip dengan rekening bank yang dapat diisi saldo dan dapat ditransfer hanya saja berbentuk virtual. Banyak pebisnis online Indonesia yang menggunakan PayPal sebagai alat penerimaan pembayaran dan kemudian melakukan penarikan uang (withdraw) dari PayPal ke rekening bank di Indonesia seperti Bank BCA, BNI, BII, Bank Mandiri dan sebagainya, hal ini karena saat ini banyak program-program bisnis online yang menggunakan PayPal sebagai alat pembayarannya. Di bisnis yang menggunakan PayPal ini, Anda cukup mengisikan akun PayPal (misalnya punyaku@yahoo.com) pada biodata waktu registrasi pada program bisnis yang Anda ikuti tersebut.
Untuk memiliki akun PayPal ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi yaitu berumur minimal 18 tahun, memiliki alamat e-mail, memiliki kartu kredit atau kartu debit (jika tidak punya dapat menggunakan VCC atau Virtual Credit Card yang dapat dibeli di internet), dan nomor rekening bank (misalnya bank BCA).
Langkah-langkah membuat akun PayPal
Berikut ini akan diberikan contoh langkah-langkah membuat akun PayPal yaitu sebagai berikut:
1. Buka alamat www.paypal.com
2. Klik Sign up
3. Pada Your Country Region pilih Indonesia, kemudian ada tiga pilihan akun yaitu Personal, Premier, dan Business.
- Personal : dengan menggunakan akun ini, maka Anda dapat menerima pembayaran dari akun PayPal lain, tetapi tidak bisa menerima pembayaran dari kartu kredit atau kartu debit. Jika menggunakan akun ini maka ada batasan banyaknya uang yang Anda terima per bulan.
- Premier : dengan menggunakan akun ini, maka Anda dapat menerima pembayaran dari akun PayPal lain dan dapat menerima pembayaran dari kartu kredit atau kartu debit dan dari rekening bank. Jika menggunakan akun ini maka ada batasan banyaknya uang yang Anda terima per bulan.
- Business : penggunaan akun ini cocok untuk Anda yang ingin berbisnis skala besar seperti membuka toko online. Dengan akun ini Anda dapat menerima pembayaran dari akun PayPal lain, dari kartu kredit atau kartu debit dan dari rekening bank, selain itu tidak ada batasan banyaknya uang yang Anda terima per bulan.
Untuk pemula dapat memilih Personal dan klik Get Started.
4. Isikan identitas, sebagai contoh seperti gambar di atas, kemudian klik I agree, create my account.
5. Klik link bertuliskan Go to My Account.
6. Akun PayPal Anda sudah tercipta, langkah selanjutnya mengaktifkan akun. Untuk ini buka e-mail Anda (e-mail untuk mendaftar PayPal), buka yang subjek Welcome to PayPal.
7. Klik Link your card
8. Masukkan password Anda (password waktu mengisi biodata PayPal), kemudian klik Confirm.
9. Masukkan Security Question 1 dan 2 beserta jawabannya (Answer), kemudian klik Submit.
10. Akun PayPal Anda sudah aktif. Kemudian untuk membuka akun PayPal Anda klik link bertuliskan Go to My Account.
11. Kini Anda sudah memiliki akun PayPal dan sudah aktif, tetapi akun ini belum terverifikasi (Unverified). Untuk mengetahui nilai uang Anda, lihat pada Balance (dalam U.S. Dollar).

Daftar Pustaka : “Panduan Mudah Bisnis Online”, penulis Duwi Priyatno, terbitan Media Kom, 2009

0 komentar:

Posting Komentar